Spanduk Bergambar Soekarno dan Nelson Mandela Bertebaran di Bandung

Spanduk Bergambar Soekarno dan Nelson Mandela Bertebaran di Bandung

Baban Gandapurnama - detikNews
Spanduk Bergambar Soekarno dan Nelson Mandela Bertebaran di Bandung
Bandung - Spanduk bergambar dua tokoh dunia Soekarno dan Nelson Mandela beserta ucapan terkenal mereka mengelilingi pagar area Balai Kota Bandung menjelang peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015. Foto mantan presiden Indonesia dan presiden Afrika Selatan itu menggambarkan solidaritas Asia Afrika.

Pantauan di Balaikota Bandung, Kamis (12/3/2015) siang, spanduk-spanduk tersebut bisa dilihat masyarakat yang melintas Jalan Merdeka dan Jalan Wastukancana. Berdirinya spanduk ini berkaitan peringatan KAA ke-60 yang acara puncaknya berlangsung di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, pada Jumat 24 April mendatang.

Spanduk vertikal berwajah Soekarno tertera tulisan 'Lahirlah Asia Afrika Baru!'. Soekarno berpose senyum dengan ciri khas memakai kopiah.

Spanduk lainnya berbentuk serupa menampilkan Nelson Mandela. Bagian atas wajah mediang Nelson terpampang kalimat 'Tidak Ada Yang Mustahil'.

Bagian bawah kedua spanduk tersebut ada huruf kapital 'ASIAN AFRICAN SOLIDARITY'. Paling bawah menyajikan tulisan dari pihak yang membuat spanduk yakni, 'Ilustrasi Wedha Pop ArtPortrait merupakan hak cipta dan karya dari Komunitas WPAP, digunakan dengan izin dan semangat kolaborasi bersama Komunitas WPAP'.

Rangkaian memperingati KAA ke-60 di Kota Bandung dimeriahkan kegiatan di berbagai tempat. Salah satunya Even Asia African Carnival (AAC) diprakasai Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung yang berlangsung 21-27 April 2015. Acaranya yaitu Angklung Harmony for The World, Solidarity Day (Tribute Soekarno & Mandela), Culture Break, Festival Of Nations, Photo Exhibition Of AAC, dan Asian African Parade.

"Keduanya adalah tokoh dunia yang membawa perubahan. Meski Nelson tidak hadir saat KAA tahun 1955, tapi spiritnya, sosoknya tak diragukan lagi bagi masyarakat Asia Afrika," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.


Back To Top